Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Permudah Akses Dengan Layanan Awan (CLOUD COMPUTING)

   Diera serba digital ini teknologi semakin berkembang dan semakin canggih, manusia akan semakin dipermudah dengan adanya perkembangan teknologi. Salah satu perkembangan teknologi pada era sekarang adalah Layanan Awan atau Komputasi Awan atau bisa di kenal dengan Cloud Computing. Cloud computing atau komputasi awan merupakan tren baru di bidang komputasi terdistribusi dimana berbagai pihak dapat mengembangkan aplikasi dan layanan berbasis SOA (Service Oriented Architecture) di jaringan internet, seringkali kita mendengar istilah cloud, cloud computing, sistem cloud, platform berbasis cloud, serta pembahasan mengenai cloud yang lain. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan cloud?
 

  Cloud computing atau komputasi awan ialah teknologi yang memanfaatkan layanan internet menggunakan pusat server yang bersifat virtual dengan tujuan pemeliharaan data dan aplikasi. Cloud adalah sekumpulan perangkat (PC, Server, bahkan perangkat mobile) yang menggunakan internet untuk bersama-sama menggunakan sejumlah resource. Keberadaan komputasi awan jelas akan menimbulkan perubahan dalam cara kerja sistem teknologi informasi dalam sebuah organisasi sistem. Hal ini karena komputasi awan melalui konsep virtualisasi, standarisasi dan fitur mendasar lainnya adalah dapat mengurangi biaya Teknologi Informasi, menyederhanakan pengelolaan layanan Teknologi Informasi, dan mempercepat penghantaran layanan Teknologi Informasi, dengan menggunakan cloud computing segala aktifitas digital dapat di akses dengan mudah. ada beberapa perusahaan besar yang mulai dan sudah melakukan pengembangan cloud computing contohnya Microsift, Adobe, IBM dan lain-lain, sudah dipastikan dengan adanya cloud computing akan semakin menambah daya saing antara perusahaan satu dengan yang lainnya.
   

Komputasi awan memungkinkan pengguna komputer dengan mudah menyewa akses ke aplikasi berfitur lengkap, ke pengembangan perangkat lunak dan lingkungan penyebaran, dan untuk menghitung aset infrastruktur seperti penyimpanan dan pemrosesan data yang dapat diakses jaringan. Dokumen ini meninjau definisi komputasi awan yang ditetapkan NIST, menjelaskan komputasi awan manfaat dan masalah terbuka, menyajikan gambaran umum kelas utama teknologi cloud, dan menyediakan pedoman dan rekomendasi tentang bagaimana organisasi harus mempertimbangkan peluang relatif dan risiko komputasi awan. Komputasi awan telah menjadi subyek dari banyak komentar. Upaya untuk menggambarkan komputasi awan secara umum, bagaimanapun, telah bermasalah karena komputasi awan bukanlah satu jenis sistem, melainkan mencakup spektrum teknologi yang mendasari, kemungkinan konfigurasi, model layanan, dan model penyebaran.  Sistem komputasi awan dapat digunakan secara pribadi atau dihosting di lokasi pelanggan cloud, dapat dibagi di antara sejumlah mitra tepercaya, mungkin dihosting oleh sepertiga pihak, atau mungkin layanan yang dapat diakses publik, yaitu cloud publik. Tergantung jenis awannya penyebaran, awan mungkin memiliki sumber daya komputasi pribadi yang terbatas, atau mungkin memiliki akses yang besar jumlah sumber daya yang diakses dari jarak jauh. Model penerapan yang berbeda menyajikan sejumlah pengorbanan dalam bagaimana pelanggan dapat mengontrol sumber daya mereka, dan skala, biaya, dan ketersediaan sumber daya.
   Penerapan yang dilakukan oleh teknologi Cloud computing sudah bisa di terapkan di berbagai platform entah itu website ataupun aplikasi-aplikasi lainnya. Email yang tersedia dalam bentuk web mail merupakan contoh yang sangat kecil dari teknologi cloud computing. Dengan menggunakan layanan email seperti Gmail dan Yahoo Mail, mansia penguna internet tidak perlu lagi menggunakan Outlook atau aplikasi desktop lainnya untuk email mereka. Membaca email dengan browser memungkinkan dilakukan di mana saja sepanjang ada koneksi internet. 
    Tipe pada Cloud Computing berbeda beda sesuai dengan kebutuhan client sehingga dengan adanya perbedaan ini client diharapkan mengetahui tipe yang tepat untuk penggunaan cloud pada aplikasinya, ada beberapa tipe atau jenis layanan cloud yang saya ketahui yaitu
1. Infrastruktur as service
jenis cloud ini meyediakan beberapa layanan seperti teknologi media penyimpanan, processing power, memory, sistem operasi, kapasitas jaringan dsb. dengan adanya teknologi mendasar ini jenis cloud ini bisa digunakan untuk menambahkan sistem pada aplikasi yang kita punya entah itu aplikasi web ataupun android.

2. Platform as a Service
jenis cloud ini telah di atur melalui provider cloud atau service cloud provider yang menjamin dimana aplikasi user dikendalikan, jenis cloud ini sangat terbatas dari segi fungsi pengembangan aplikasi yang kita miliki, karena seluruh sistem telah diatur melalui provider yang kita gunakan.

3. Software as a Service
layanan cloud yang lebih dulu populer karena SaaS merupakan evolusi dari konsep ASP (Application Service Provider). Sesuai dengan namanya, SaaS memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk dapat memanfaatkan sumberdaya perangkat lunak dengan cara berlangganan. Sehingga user tidak perlu mengeluarkan investasi lain, baik untuk in house development maupun dalam hal pembelian lisensi sebuah software. Dengan cara berlangganan, pengguna dapat langsung menggunakan berbagai fitur yang disediakan oleh penyedia layanan.

   Dengan adanya teknologi Cloud Computing atau Layanan Awan Ini, sudah dipastikan dunia akan mengalami dampak positif yang sangat tinggi contohnya, dari segi efisiensi, powerfull, dan pastinya menghemat biaya oprasional. teknologi yang didukung oleh para pengembang profesional ini menjamin keamanan publik sehingga data yang disimpan di server akan tetap aman. melalui teknologi ini dunia akan sangat di untungkan dalam proses pengembangan teknologi di negaranya masing masing mereka bisa lebih leluasa melakukan pengembangan sistem informasi dari negaranya masing-masing. Manfaatnya sangat dirasakan oleh berbagai pihak perorangan, perusahaan ataupun organisasi pengguna cloud. 
PENJELASAN MENGENAI TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING BISA DI LIHAT MELALUI VIDIO DI BAWAH INI




Daftar Pustaka

1.NIST Cloud Computing Synopsis and Recommendations

Posting Komentar untuk "Permudah Akses Dengan Layanan Awan (CLOUD COMPUTING)"