Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menulis Artikel Feature yang baik

tips-menulis-artikel-yang-baik


Tips Menulis Artikel Fitur yang Baik Artikel fitur adalah artikel utama yang terkait dengan berita di majalah yang menyoroti orang, tempat, atau peristiwa tertentu dengan sangat rinci. Biasanya, artikel nonfiksi ini menyelam lebih dalam ke sebuah cerita daripada artikel biasa. Jika Anda membutuhkan beberapa tip untuk menulis artikel fitur yang bagus, bersiaplah untuk bersenang-senang. Anda akan mengembangkan cerita human interest yang akan menarik bagi berbagai macam pembaca.

Langkah-langkah Menulis Artikel Fitur

Seperti kebanyakan artikel, cerita fitur mengikuti format dan garis besar tertentu. Akan selalu ada judul/judul, dek, pendahuluan, isi, dan kesimpulan. Artikel fitur yang baik mengontekstualisasikan cerita sehingga dapat dikaitkan dan segera relevan bagi pembaca. Mengapa mereka harus peduli? Apa sudutnya? Apa arah yang Anda ambil?

Di satu sisi, artikel fitur terkenal akan menyerupai cerita pendek. Anda menginginkan ketegangan dan plot, rasa kemajuan, dengan semacam imbalan menuju kesimpulan. Siapa "karakter" dalam cerita Anda? Apa itu konflik sentral? Untuk lebih lanjut tentang itu, lihat Berkreasi: Cara Menulis Cerita Pendek 

1. Judul

 Judul atau judul artikel harus menarik perhatian pembaca dengan cepat sehingga mereka akan terus membaca. Itu perlu menyoroti topik umum cerita. Jika Anda menampilkan seseorang, jangan hanya menggunakan nama mereka sebagai headline. Sertakan detail unik yang akan terungkap saat mereka membaca.

2. Dek 

Dek, juga dikenal sebagai subjudul atau standfirst, adalah kesempatan kedua Anda untuk seluruh pembaca. Sementara judul artikel akan muncul dengan sudut yang unik, dek terdiri dari satu atau dua kalimat pendek yang tidak akan meninggalkan pertanyaan di benak pembaca; mereka harus membaca artikel ini. Itu harus menangkap inti dari cerita. Pada kalimat yang digunakan mengandung unsur ajakan secara paksa tapi membuat orang penasaran.

3. Pendahuluan

Seringkali kita membuat awalan atau opening sebuah artikel dengan kata kata yang membuat pengunjung langsung mengerti dengan apa yang akan di bahas di artikel. Kemampuan Anda untuk "menghubungkan" pembaca ke dalam cerita berlanjut di pendahuluan, atau paragraf pertama. Pendahuluan harus memberi tahu pembaca mengapa cerita ini penting atau sepadan dengan waktu mereka, tetapi dengan cara yang miring. Ini adalah kesempatan terakhir Anda untuk "menarik" pembaca sebelum mereka membalik halaman atau mengklik. Pastikan kalimat Anda pendek. Gunakan ini sebagai kesempatan untuk mengatakan sesuatu yang menarik perhatian atau sesuatu yang akan memicu minat pembaca. Selalu ingat - MENGAPA itu penting. Anda menetapkan nada artikel Anda dalam pendahuluan.

4. Body Artikel 

Tubuh fitur harus dipecah menjadi beberapa bagian dengan beberapa judul untuk pengaturan yang mudah. Bagian ini berisi sebagian besar detail cerita. Ini termasuk nama, tempat, waktu, dan kutipan yang terkait dengan orang, acara, atau organisasi. Pendapat penulis, orang-orang di lokasi cerita, dan para ahli disajikan dalam tubuh artikel. Ini juga merupakan tempat untuk memasukkan gambar apa pun yang mengilustrasikan cerita, serta diagram, bagan, dan elemen visual lainnya.

5.Kesimpulan 

Kesimpulan harus meninggalkan kesan abadi pada pembaca dan memancing semacam reaksi. Ini harus mendorong tindakan di pihak pembaca, mendorong perubahan pendapat, atau mendorong pembaca untuk membuat keputusan.


Posting Komentar untuk "Tips Menulis Artikel Feature yang baik"