Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mentari Harapan Baru dari Timur: Tips Menjadi Seseorang Yang Percaya Diri

Apakah terkadang semua orang di sekitar kamu merasa percaya diri dan yakin akan diri mereka sendiri? Kemungkinannya adalah mereka memiliki keraguan seperti yang kamu rasakan. Jadi apa rahasia yang mereka temukan tentang bagaimana menjadi seseorang yang lebih percaya diri? Mereka tahu bahwa kepercayaan diri bukanlah sesuatu yang kamu miliki, itu semua adalah sesuatu yang kamu ciptakan. Percaya diri tidak lebih dari keyakinan pada diri sendiri. Hal ini adalah perasaan yakin bahwa kamu dapat mencapai apa pun yang telah ditetapkan. Keyakinan datang dari dalam dan kamu dapat menemukan cara untuk menjadi lebih percaya diri kapan saja.

Source: mediapatner.com


Semua itu tidak berarti belajar bagaimana menjadi lebih percaya diri akan menyelesaikan semua masalah yang kamu hadapi. Setiap orang memiliki hari atau momen buruk yang membuat mereka kesal, ragu bahkan sampai putus asa. Menjadi percaya diri juga tidak berarti benar-benar yakin akan diri sendiri setiap saat. Menciptakan kepercayaan diri bukanlah tentang mengetahui semuanya, tetapi tentang mempercayai bahwa apa pun yang terjadi dalam situasi tertentu, kamu juga akan dapat menanganinya dan belajar dari hasilnya.

Mengapa Percaya Diri Itu Penting?

Belajar bagaimana menjadi lebih percaya diri penting dalam setiap bagian dari hidup, tetapi ada beberapa contoh di mana itu sangat penting, terutama pada saat kamu merasa ingin menyerah. Jika kamu adalah seorang pemimpin dan dalam posisi yang membutuhkan orang lain untuk meyakinkan dan dapat dipercaya, percaya diri tidak bisa dinegosiasikan. Tidak ada yang akan mengikuti seorang pemimpin yang tampak tidak yakin pada dirinya sendiri Kurangnya kepercayaan diri dapat berdampak serius pada kemampuan  untuk membentuk tim pemenang dan membimbing mereka untuk mencapai tujuan bersama.

Bahkan jika kamu tidak berada dalam peran kepemimpinan, kepercayaan diri sangat penting untuk menjadi pemain tim dalam banyak situasi – apakah kamu berada dalam posisi penjualan atau perlu menampilkan wajah percaya diri selama berinteraksi dengan klien. Menjadi percaya diri membantumu membuat koneksi instan dan membangun hubungan yang akan membantu kamu dan perusahaan menjadi sukses.

Cara Menjadi Percaya Diri

Jika kamu ingin belajar bagaimana menjadi lebih percaya diri, kamu harus bersedia mengubah keadaan. Keadaanmu pada dasarnya adalah suasana hatimu pada waktu tertentu. Suasana hati dipengaruhi oleh bagaimana perasaanmu tentang dirimu pada saat itu. Kabar baiknya, kamu dapat mengubah statusmu kapan saja, apa pun yang terjadi di sekitarmu selama kamu tahu cara melakukannya. Berikut adalah tiga prinsip kepercayaan diri yang dapat digunakan siapa pun untuk keuntungan mereka dan beberapa contoh kehidupan nyata untuk membantumu menerapkannya di area mana pun dalam kehidupanmu.

1. Bahasa Tubuh

Ingin tahu cara menjadi lebih percaya diri? Bersikaplah seperti itu! Fisiologi adalah kunci ketika belajar bagaimana menjadi percaya diri dan menguasai bahasa tubuh, percaya diri dapat menempatkan kamu di jalan menuju kesuksesan. Pikirkan tentang seseorang yang kamu kenal yang kamu anggap sangat percaya diri. Ketika kamu pertama kali bertemu dengan mereka, kamu mungkin tahu bahwa mereka percaya diri bahkan sebelum mereka mulai berbicara. Kamu tahu mereka percaya diri karena cara mereka membawa diri dan bergerak. Mereka melakukan kontak mata, menjabat tangan kamu dengan kuat dan berdiri tegak. Sekarang lakukan inventarisasi cepat dari tubuhmu. Seperti apa postur kamu ? Bagaimana kamu bernapas? Kita semua berada dalam keadaan negatif, yang dapat menyebabkan membungkuk, bernapas pendek atau menggantung kepala. Kamu memiliki kekuatan untuk mengubah perasaanmu dengan mengendalikan cara tubuhmu bergerak dan caramu menampilkan diri.

2. Positif

Berpikir positif dapat memanifestasikan diri dalam beberapa cara. Pertama, ubah fokusmu karena “Ke  arah mana fokus pergi, energi mengalir,” seperti kata Tony. Alih-alih terpaku pada semua cara sesuatu bisa salah, fokuslah pada semua cara itu bisa berjalan dengan baik. Pikirkan tentang bagaimana kamu akan memakukan presentasimu dan betapa senangnya rekan kerjamu mendengarnya. Apa yang kamu fokuskan menjadi kenyataan dan itu termasuk apa yang kamu fokuskan di dalam pikiran sendiri. Ganti kata-kata negatif dengan yang positif dan mulailah melihat sisi terang dari situasi. Dengan mengubah fokusmu, secara internal dan eksternal, kamu mengubah keadaanmu sendiri dan dengan mengubah keadaan, kamu akan mengubah hidupmu lebih baik dari sebelumnya.

3. Pikiran Rasa Ingin Berkembang

Menurutmu apa yang dimaksud dengan percaya diri? kamu mungkin memiliki beberapa gagasan bahwa kepercayaan diri hanya berasal dari kesuksesan sebelumnya  bahwa kamu hanya bisa tahu bagaimana menjadi percaya diri setelah kamu menjadi sangat sukses. Keyakinan inti semacam ini sangat membatasi dirimu sendiri. Keyakinan tidak datang dari pencapaian luarmu tetapi datang dari dalam. Percaya diri berarti jika kamu gagal, kamu dapat bangkit kembali dan mencoba lagi dan jangan sampai menyerah. Setelah kamu mulai mengambil langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti menuju tujuanmu untuk menjadi percaya diri, keyakinanmu secara bertahap akan mulai memantapkan. Saatnya untuk mengadopsi mindset berkembang dan mulai percaya bahwa kamu dapat belajar bagaimana menjadi lebih percaya diri.

11 Tips Agar Menjadi Seseorang Yang Percaya Diri

Apa kesamaan prinsip-prinsip itu? Mereka semua tentang menjadi penguasa emosi kamu. kamu harus mengubah perspektif dan pola pikir, dan memilih untuk percaya diri. Itu terkadang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi ada tindakan khusus yang dapat kamu ambil yang akan membantumu menerapkan prinsip-prinsip ini untuk menjadi percaya diri.

1. Mengatasi Pembatas yang Menjadi Kendala Anda Tidak Percaya Diri

Untuk benar-benar belajar bagaimana menjadi percaya diri, kamu harus mencintai diri sendiri terlebih dahulu. Ketika kamu mempraktikkan cinta diri, kamu akan memiliki kepercayaan diri apa pun yang terjadi dalam hidup, karena kepercayaan itu akan datang dari dalam. Namun banyak orang tidak pernah belajar bagaimana jatuh cinta pada diri mereka sendiri dan malah mengembangkan rasa kurang percaya diri di awal kehidupan. Mereka secara tidak sadar mengadopsi keyakinan yang membatasi tentang kemampuan mereka atau jenis hubungan apa yang pantas mereka dapatkan. Hal ini mengarah pada sabotase diri dan penguatan keyakinan dan mengatasinya adalah langkah pertama menuju kepercayaan total.

2. Menentukan Apa yang Terpenting Bagi Diri Kamu

Sama seperti menyesuaikan bahasa tubuh, kamu juga dapat membuat merasa percaya diri bahkan ketika tidak, berbicara untuk diri sendiri bahkan ketika kamu tidak merasa layak kamu juga dapat memiliki efek itu. Orang yang percaya diri dapat menghasilkan lebih banyak uang di tempat kerja karena satu alasan langsung: mereka menghargai pencapaian mereka, mereka melakukannya di saat yang paling penting. Jika kamu memberikan kontribusi yang mencapai tujuan bagi perusahaan atau menghasilkan hasil yang positif, tidak menyombongkan diri untuk menunjukkannya kepada manajer atau CEO, hal itu  fakta. Selama kamu menyatakannya dengan cara yang sebenarnya, hal itu tidak hanya akan membuat kamu terlihat baik tetapi juga akan membuatmu merasa baik.

3. Menilai Kebutuhan Utama

Langkah penting lainnya untuk mengetahui bagaimana menjadi percaya diri pada diri sendiri adalah menentukan apa yang mendorong keputusan Anda. Kita semua memiliki Enam Kebutuhan Manusia: kepastian, signifikansi, variasi, cinta/hubungan, pertumbuhan, dan kontribusi. Kami menghargai salah satu kebutuhan ini lebih dari yang lain, dan itu mempengaruhi setiap keputusan yang kita buat dalam hidup. Bahkan bisa mempengaruhi kepercayaan diri kita. Jika kebutuhan utama Anda adalah kepastian, Anda mungkin merasa tidak yakin dalam situasi yang tidak biasa. Jika kebutuhan utama Anda sangat penting, Anda akan mulai merasa tidak aman jika tidak mendapatkan pengakuan yang Anda butuhkan. Ikuti Kuis Kekuatan Mengemudi Tony untuk menentukan kebutuhan utama Anda dan mulailah memikirkan bagaimana hal itu dapat memengaruhi tingkat kepercayaan diri Anda.

4. Mengubah Pola Pikir Terhadap Diri Sendiri

Kata-kata kita menciptakan emosi kita, dan emosi kita menciptakan dunia kita. Jika kita tidak merasa percaya diri, itu adalah hasil dari cerita yang kita ceritakan pada diri kita sendiri dan kata-kata yang kita gunakan untuk menceritakannya. Bagaimana kamu berbicara kepada diri sendiri dalam pikiranmu sendiri? Pembicaraan diri yang kamu gunakan, atau dikenal sebagai monolog batin, memiliki efek penting pada kepercayaan dirimu. Tangkap dirimu ketika kamu berpikir negatif tentang tubuhmu dan ganti pikiran itu dengan sesuatu yang kamu sukai tentang dirimu sendiri.

5. Selalu Bersyukur

Mempraktikkan rasa syukur adalah kunci untuk menjalani hidup yang bahagia. Tony berkata, "Ketika kamu bersyukur, ketakutan menghilang dan kelimpahan muncul." Berhentilah menganggap tubuhmu ada hanya untuk dilihat atau lebih buruk lagi, untuk dilihat orang lain. Tubuhmu lebih dari sebuah wadah atau lukisan untuk dikagumi. Pikirkan tentang semua hal yang dilakukan tubuhmu untuk dirimu sendiri. Ketika kamu meluangkan waktu sebentar untuk menghargai semua hal yang memungkinkan tubuhmu lakukan, semua itu akan mulai terasa lebih seperti hadiah daripada beban.

6. Ubah Fisiologi

Cara tercepat untuk menjadi lebih percaya diri adalah dengan mengubah fisiologi secara radikal, berdiri tegak. Kuadratkan bahumu dan buka dada. Bernafas dalam-dalam. Pertahankan langkah cepat dan terarah saat kamu berjalan untuk menempuh lebih banyak tanah. Mempertahankan postur seperti ini membuatmu akan merasa lebih kuat dan ke mana tubuhmu pergi, pikiranmu mengikuti. Kamu juga dapat mengamati fisiologi orang lain untuk mempelajari lebih lanjut tentang mereka dan mendapatkan keunggulan dalam negosiasi. Tanda-tanda tertentu, seperti sudut tubuh dan jumlah ruang fisik yang mereka ambil, dapat memberi petunjuk kepadamu tentang bagaimana seseorang memandang suatu situasi dan bagaimana mereka dapat dibujuk.

7. Belatih Posisi yang Kuat

Salah satu cara terdalam untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah terhubung dengan kekuatan batin. Kita semua memiliki kekuatan di dalam diri kita, tetapi ketika kita merasa rendah, sulit untuk mengingat kekuatan itu ada di sana. Pertimbangkan untuk mengembangkan pose kekuatan pribadi dan bernapas dalam-dalam untuk menyambung kembali ke inti kuatmu. Pose bisa menjadi pose yoga prajurit yang merupakan salah satu yang sangat memberdayakan, berdiri dengan tangan di pinggul dan kaki selebar bahu atau berdiri dengan kepala tegak dan punggung lurus. Yang penting adalah posemu mencapai tujuan membangkitkan kekuatan batinmu dan membawa kekuatan, kepercayaan diri itu ke dalam setiap interaksi.

8. Pikirkar Keberhasilan di Masa Lalu

Bahkan yang paling tidak percaya diri di antara kita memiliki banyak prestasi di bawah ikat pinggang kita. Jika kamu gugup atau merasa tidak yakin tentang situasi yang akan datang, bayangkan pencapaian baru-baru ini atau saat kamu berhasil menangani situasi serupa. Mungkin kamu belum pernah memberikan presentasi di seluruh perusahaan, tetapi kamu telah dengan percaya diri mempresentasikan kepada klien melalui telepon. Mereka yang ingin belajar bagaimana menjadi lebih percaya diri sering lupa bahwa mereka memiliki banyak waktu di mana mereka memancarkan kepercayaan diri di masa lalu, dan menghidupkan kembali momen-momen ini dapat membantu mereka membuka potensi mereka.

9. Gunakan Visualisasi Tujuan

Visualisasi positif adalah alat yang ampuh untuk digunakan di jalan untuk memahami bagaimana menjadi lebih percaya diri. Ketika kamu memvisualisasikan sesuatu berulang kali, pikiranmu mulai percaya bahwa itu telah terjadi. Ketika situasi akhirnya muncul, kamu akan membuat presentasi itu, meminta kenaikan gaji atau menghadapi rekan kerja, otakmu berpikir, “Saya mengerti.” Itu kepercayaan diri. Visualisasikan situasi tertentu di tempat kerja. Pikirkan dirimu berhasil dan lakukan yang terbaik untuk meminimalkan pemikiran tentang kegagalan. Ingatlah bahwa kamu mendapatkan apa yang kamu fokuskan.

10. Lakukan Kontak Mata

Bagi mereka yang tidak yakin bagaimana menjadi percaya diri, melakukan kontak mata mungkin tidak nyaman pada awalnya. Tetapi seperti mengubah fisiologi, kamu hanya perlu melakukannya, kepercayaan diri akan mengikuti setelah kamu mengambil tindakan. Terhubung dengan orang-orang dan menunjukkan kepercayaan diri melalui kontak mata adalah salah satu cara tercepat untuk memancarkan kepercayaan diri ketika kamu bertemu orang baru dan dapat memperkuat hubungan jangka panjang. Gunakan aturan 80/20 untuk menatap mata seseorang 80% dari waktu dan fokus pada hal lain 20% lainnya sehingga kamu tidak terlihat terlalu intens atau membuat orang lain tidak nyaman.

11. Hidup di Saat Sekarang

Keyakinan dalam hubungan bisa menjadi salah satu area yang paling menantang. Jika kamu telah dirugikan dalam hubungan sebelumnya atau hubunganmu saat ini, mungkin sulit untuk melepaskan masa lalu dan memaafkan. Kami ingin menghindari rasa sakit dan memenuhi kebutuhan kami akan kepastian, tetapi hal ini mencegah kami untuk hidup di masa sekarang. Belajarlah untuk menghargai apa yang kamu miliki saat ini, tanpa mengkhawatirkan apa yang akan terjadi besok atau apa yang terjadi kemarin. Bebaskan pikiranmu, berada di sini sekarang dan kepercayaan diri akan mengikuti.

LEPASKAN DIRI SENDIRI DAN CAPAI TUJUAN KAMU LEBIH CEPAT

Menemukan bagaimana menjadi percaya diri bukanlah proses dalam semalam tetapi butuh waktu. Dengan mengubah caramu menampilkan diri secara fisik dan apa yang Kamu fokuskan secara mental, Kamu dapat menciptakan kepercayaan diri yang akan membantu mendorongmu menuju tujuan Yang kamu inginkan.

Artikel ini saya tulis untuk memberikan kontribusi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, dalam Lomba Blogger yang diadakan oleh PON-XX Papua 2021

TAGLINE:
#PondemiKompetisiBlog #PONDEMI #MentariHarapanBaruDariTimur

Posting Komentar untuk "Mentari Harapan Baru dari Timur: Tips Menjadi Seseorang Yang Percaya Diri"