Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menulis sintax di python

Python pada awalnya dikembangkan sebagai bahasa pengajaran, tetapi kemudahan penggunaan dan sintaksisnya yang bersih telah membuatnya digunakan oleh pemula dan ahli. Kebersihan sintaks Python telah menyebabkan beberapa orang menyebutnya "pseudocode yang dapat dieksekusi", dan memang pengalaman saya sendiri adalah bahwa seringkali lebih mudah untuk membaca dan memahami skrip Python daripada membaca skrip serupa yang ditulis dalam, katakanlah, C. Di sini kita akan mulai membahas fitur utama sintaks Python.

Sintaks mengacu pada struktur bahasa (yaitu, apa yang merupakan program yang dibentuk dengan benar). Untuk saat ini, kami tidak akan fokus pada semantik – arti kata dan simbol di dalam sintaks – tetapi akan kembali lagi nanti.

Dalam tutorial ini kita akan mencoba memahami sintaks pemrograman python. Meskipun, sintaks adalah sesuatu yang akan Anda pahami karena Anda akan melihat semakin banyak program dan contoh, tetapi ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelumnya.

Untuk bisa menulis syntax python ada beberapa aturan Sintaks Python yang harus di pahami.

Python peka huruf besar/kecil. Oleh karena itu variabel dengan nama yoyostudytonnight tidak sama dengan yoYoStudytonight

Untuk spesifikasi jalur, python menggunakan garis miring. Oleh karena itu jika Anda bekerja dengan file, jalur default untuk file dalam kasus OS Windows akan memiliki garis miring ke belakang, yang harus Anda ubah menjadi garis miring ke depan untuk membuatnya berfungsi di skrip python Anda.

Untuk jalur jendela C:\folderA\folderB jalur program python relatif harus C:/folderA/folderB

Di python, tidak ada terminator perintah, yang berarti tidak ada titik koma ; atau apapun.

Jadi jika Anda ingin mencetak sesuatu sebagai output, yang harus Anda lakukan adalah:

print("Halo, Dunia!")

Ups! kami baru saja membagikan program python pertama juga dengan Anda. Ya, hanya satu pernyataan.

Dalam satu baris hanya satu pernyataan yang dapat dieksekusi yang harus ditulis dan perubahan baris bertindak sebagai terminator perintah di python.

silahkan kalian bisa menyimak tutorial di chanel youtube agar lebih paham lagi dengan penyampaian di atas . kalian juga bisa mendownload file belajar DISINI

Posting Komentar untuk "Menulis sintax di python"