Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu kampus mengajar?

 

Tentang Kampus Mengajar

Apa itu Kampus Mengajar?

Merupakan bagian kegiatan pembelajaran asistensi mengajar di satuan pendidikan dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas.

Kampus mengajar bertujuan untuk membekali mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan dan keahlian dengan menjadi partner guru dan sekolah dalam menumbuhkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran sehingga berdampak pada penguatan pembelajaran literasi dan numerasi di sekolah.


Mengapa mendaftar Kampus Mengajar?

Skor kemampuan literasi dan numerasi siswa Indonesia selama delapan belas tahun terakhir Indonesia berada di peringkat bawah. Pandemi yang terjadi menambah tantangan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di Indonesia. Oleh sebab itu, Indonesia membutuhkan peran mahasiswa untuk menjadi mitra guru mengembangkan pembelajaran literasi dan numerasi yang menarik.

Program Kampus Mengajar membuka ruang bagi mahasiswa untuk bisa mengaplikasikan keahlian serta ilmu pengetahuan mereka dalam membantu siswa SD dan SMP tersebut. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaktualisasikan passion, semangat, dan keinginan mahasiswa. Selain itu, mahasiswa diharapkan menjadi inspirasi bagi para siswa SD dan SMP untuk memperluas cita-cita serta wawasan mereka.

Tujuan Kampus Mengajar

Secara umum Program Kampus Mengajar bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa mengembangkan kemampuan softskill dan mendampingi guru untuk berkolaborasi merancang strategi, metode dan model pembelajaran di SD dan SMP di daerah yang ditetapkan Kemendikbudristek.


Manfaat Kampus Mengajar

Manfaat Bagi Mahasiswa:

  1. Kesempatan menjadi agen perubahan untuk pendidikan Indonesia

  2. Menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pembelajaran, pengembangan strategi dan model pembelajaran literasi dan numerasi yang kreatif, inovatif dan menyenangkan, serta mendamipingi pengembangan adaptasi teknologi

  3. Mengasah keterampilan kepemimpinan dan empati sosial: berfikir kritis, pemecahan masalah, manajemen kelompok, jiwa kepemimpinan, inovasi dan kreativitas, serta komunikasi

  4. Mendapatkan konversi 20 SKS

  5. Mendapatkan sertifikat kepesertaan Program Kampus Mengajar

  6. Mendapatkan bantuan biaya hidup bulanan senilai Rp1.200.000,-

  7. Mendapatkan bantuan biaya swab antigen yang diberikan secara at cost dengan menyesuaikan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

  8. Mendapatkan bantuan dana UKT yang diberikan secara at cost atau sesuai dengan nominal UKT masing-masing perguruan tinggi dengan maksimal dana UKT yang diberikan senilai Rp2.400.000.

Catatan: Bagi mahasiswa yang telah mendapatkan bantuan biaya hidup dari beasiswa pemerintah lainnya, maka biaya yang diterima merupakan selisih dari uang yang diterima dari beasiswa.



Manfaat Bagi Perguruan Tinggi dan Dosen

  1. Mendukung perguruan tinggi untuk mencapai IKU #2: Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus

  2. Memberi kontribusi nyata bagi penyelesaian permasalahan pendidikan khususnya di masa pandemi

  3. Memberi kesempatan kepada dosen lintas prodi untuk berkolaborasi dengan mahasiswa, sekolah dan guru dalam pengembangan pendidikan.

  4. Memberi ruang pengabdian, penerapan berbagai kajian, inovasi dan kreativitas yang dihasilkan dosen dalam peningkatan mutu pendidikan



Manfaat Bagi Sekolah

  1. Siswa mengalami pembelajaran literasi dan numerasi yang menyenangkan

  2. Siswa mengalami peningkatan kemampuan literasi dan numerasi

  3. Guru mendapatkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa secara kreatif dan menyenangkan

  4. Guru dapat mengembangkan kemampuan adaptasi teknologi

Siapa Sasaran Kampus Mengajar?

Mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi dibawah naungan Kemendikbudristek yang akan ditempatkan di 3.000 Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di seluruh Indonesia dalam upaya membantu peningkatan literasi dan numerasi di tingkat pendidikan dasar


Syarat & Ketentuan

Silakan klik artikel berikut: syarat ketentuankm

Panduan kelengkapan NISN



Posting Komentar untuk "Apa itu kampus mengajar?"