Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh surat rekomendasi dan SPTJM yang benar dan salah

Program kampus merdeka adalah salah satu program yang dinantikan oleh setiap mahasiswa, baik itu msib, pmm, kampus mengajar maupun jenis program yang lainnya.

Setiap mahasiswa wajib memiliki akun Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam mengikuti masing-masing program yang ada. Selain itu setiap calon peserta juga wajib melengkapi persyaratan yang diberikan oleh pihak panitia penyelenggara.

Salah satu persyaratan yang diberikan oleh pihak panitia penyelenggara adalah surat Rekomendasi Universitas dan Surat Pertanggungjawaban Mutlak mahasiswa.

Apa itu surat Rekomendasi Universitas?

Surat rekomendasi universitas adalah surat yang dikeluarkan universitas sebagai pengajuan untuk merekomendasikan mahasiswa dari universitas, surat ini harus memiliki legalitas dimana terdapat tanda tangan dan stempel basah yang di tandatangani oleh pimpinan perguruan tinggi/kepala program studi dll.

Surat rekomendasi ini adalah salah satu persyaratan wajib yang harus dipenuhi oleh seluruh calon peserta MBKM program kampus merdeka.

Apa itu surat Pertanggungjawaban Mutlak?

Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) adalah surat yang dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban mahasiswa dan universitas dimana surat ini nanti akan terdapat tanda tangan mahasiswa dan pimpinan perguruan tinggi/pihak kemahasiswaan beserta materai.

Surat SPTJM berisikan konsekuensi terhadap program yang nantinya akan diikuti mahasiswa. Dengan adanya surat ini maka mahasiswa telah memiliki komitmen bahwa mereka akan secara otomatis harus mengikuti aturan dan prosedur yang akan diberlakukan selama program dijalankan.

Contoh surat Rekomendasi dan SPTJM yang salah

Berikut ini adalah contoh surat rekomendasi dan sptjm yang salah:




Contoh surat Rekomendasi dan SPTJM yang benar

Surat yang dinyatakan benar atau sesui dengan ketentuan adalah sebagai berikut


Apakah suratmu sudah sesuai dengan ketentuan? Kalau belum yuk lihat template surat rekomendasi dan SPTJM

Pada template yang disediakan merupakan template surat rekomendasi dan sptjm angkatan sebelumnya kamu tinggal menyesuaikan saja diantaranya yaitu tahun dan nama program.

Surat yang dianggap sah atau sesuai dengan prosedur yaitu surat yang memenuhi kriteria pada template yang sudah disediakan.

Posting Komentar untuk "Contoh surat rekomendasi dan SPTJM yang benar dan salah"