Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips lolos program Magang Kampus Merdeka MSIB 3


Apa itu program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka?

Magang Bersertifikat adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Di program Magang Bersertifikat, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di industri/dunia profesi nyata selama 1-2 semester. Dengan pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang, mahasiswa akan mendapatkan hard skills maupun soft skills yang akan menyiapkan mahasiswa agar lebih mantab untuk memasuki dunia kerja dan karirnya.

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengasah dan mendapatkan kemampuan, pengetahuan dan sikap di dunia industri dengan cara bekerja dan belajar secara langsung dalam proyek atau permasalahan riil. Pengalaman belajar di luar perguruan tinggi selama lebih dari 16 minggu hingga 24 minggu dengan aktivitas pembelajaran yang terstruktur akan dikonversi 20 hingga 40 SKS.

Definisi Program

Program Magang

Kegiatan dimana mahasiswa bekerja di organisasi mitra sebagai trainee selama periode waktu terbatas, dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Mahasiswa diberikan proyek riil yang memiliki nilai strategis bagi industri dan dikerjakan secara berkelompok lintas disiplin ilmu
  2. Dalam menyelesaikan proyek diberikan pengetahuan melalui modul pembelajaran yang relevan dengan persoalan proyek dengan pendampingan mentor profesional (10 mahasiswa minimal didampingi 1 mentor)
  3. Dilakukan dalam periode 16 minggu hingga 24 minggu
  4. Mahasiswa mendapatkan peluang untuk menjadi FTE (Full Time Employee) setelah perfomanya dinilai selama periode magang, selain itu sertfikiasi keterampilan dari industri juga akan memberikan nilai yang tinggi bagi Mahasiswa

Program Studi Independen

Program pembelajaran non-gelar yang diselenggarakan oleh organisasi atau industri yang menyediakan pengetahuan dan keterampilan dengan tingkat relevansi tinggi di dunia kerja dan dunia usaha dalam bentuk kursus singkat (short course), kemah kerja (bootcamp), massive open online course (MOOC), dan lainnya, yang dilanjutkan dengan kegiatan kolaborasi bersama dengan sesama peserta maupun personil organisasi mitra dalam suatu proyek atau studi kasus. Berikut ini adalah 6 karakteristik studi independen bersertifikat Kampus Merdeka:

  1. Metode pembelajaran yang berbasis proyek riil dan dikerjakan bersama kelompok
  2. Mahasiswa diberikan modul pembelajaran yang relevan dengan bimbingan mentor profesional (25 mahasiswa minimal didampingi 1 mentor)
  3. Metode pembelajaran harus ada porsi synchronous, dimana Mahasiswa berinteraksi secara langsung dengan pengajar, mentor, dan mahasiswa lainnya
  4. Jam pembelajaran 16 minggu hingga 24 minggu
  5. Kurikulum pembelajaran juga termasuk pengembangan soft skill yang terkait dengan bidang ilmu yang diajarkan
  6. Mahasiswa diberikan sertifikasi jika dinyatakan lolos evaluasi dan diberikan rekomendasi kepada perusahaan atau organisasi rekananan dari penyedia studi independen.

Tujuan Program

  1. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap Mahasiswa sehingga meningkatkan kesiapan dan keterserapan di dunia kerja dan dunia usaha
  2. Menghasilkan terobosan dalam penyelesaian persoalan praktis di industri ataupun organisasi dari inovasi yang dilakukan dalam program ini
  3. Mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan
  4. Meningkatkan peran dan kontribusi nyata Perguruan Tinggi dan Mahasiswa dalam pembangunan nasional
  5. Apa saja yang Mahasiswa dapatkan dengan mengikuti program Magang?

msib3


Pendaftaran MSIB 3

Program MSIB angkatan 3 telah resmi dibuka, namun sekarang ini pihak panitia masih melakukan tahap seleksi mitra. Mitra adalah organisasi, badan usaha, instansi atau yang lainnya yang nantinya akan bekerja sama dengan pihak kampus merdeka untuk menampung mahasiswa untuk melakukan program magang atau studi independen dengan pengawasan kampus merdeka. 

Namun ternyata banyak yang belum beruntung saat mendaftar di berbagai mitra mereka belum diterima sebagai peserta, pada artikel ini saya akan memberikan berbagai tips agar kalian bisa diterima salah satu program MSIB.

Syarat mengikuti MSIB 3

berikut adalah persyaratan untuk mendaftar sebagai peserta:
  1. Mahasiswa aktif pada program Studi S1 dan Vokasi minimal semester 3 untuk program diploma II, Minimal semester 4 untuk program diploma III, dan minimal semester 5 untuk mahasiswa program Sarjana atau sarjana terapan, semester ini adalah semester awal saat mahasiswa menjalani program.
  2. Berasal dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dibawah naungan Kemendikbudristek.

Tips lolos program Magang Kampus Merdeka MSIB 3

berikut ini adalah tips lolos program MSIB 3;
  1. Persiapkan CV sebaik mungkin, desain, isi dan pengalaman juga menjadi hal penting yang perlu kamu tulis di cvmu makin banyak pengalaman kamu juga memiliki peluang besar untuk lolos.
  2. Latihan Interview, saat kamu menjadi salah satu calon dan diterima kamu juga akan masuk tahap wawancara dimana wawancara ini dilakukan oleh pihak mitra, jadi mulai sekarang harus berlatih diwawancara.
  3. Siapkan Surat Rekomendasi dari perguruan tinggi dan Surat Pertanggungjawaban Mutlak
  4. Sertakan sertifikat kegiatan, prestasi dan sertifikat pendukung lainnya.

semua tips ini hampir sama saat kamu melamar pekerjaan disebuah perusahaan dan kamu juga pasti paham kan. yuk gabung sekarang jangan sampai kamu gak daftar jangan lupa bagikan ke temen-temen kamu yah artikel ini.


Posting Komentar untuk "Tips lolos program Magang Kampus Merdeka MSIB 3"