Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mentari Harapan Baru dari Timur: Moment Bersejarah, Inilah Alasan Papua di Pilih Jadi Lokasi PON-XX

Setelah kita membahas dua artikel sebelumnya mengenai cara menemukan jati diri yang sejati dan tips menjadi seorang yang percaya diri, kali ini kita akan membahas khusus pada mengapa sih Papua dipilih menjadi lokasi utama penyelenggaraan PON-XX 2020, pada dua artikel tersebut bertujuan untuk memberikan pendahuluan dan motivasi agar orang-orang dapat mengetahui bagaimana menjadi orang yang percaya terhadap kemampuan mereka masing-masing. 

Sebelum kita lanjut ke pembahasannya saya berharapan pada ajang PON-XX 2020 ini dapat berjalan dengan lancar dan seluruh atlet-atlet atau pemain yang nantinya akan berlomba dapat bermain dengan sportif dan selalu menjaga nama baik dari masing-masing timnya setelah kita bersama-sama membahas mengenai jati diri dan tips menjadi seorang percaya diri kita akan masuk ke dalam ranah khusus yaitu pembahasan mengenai Papua.

Banyak sekali orang membicarakan mengenai Papua dan mempertanyakan hal berikut mengapa PON-XX 2020 ini diadakan di Papua, kenapa tidak di Jakarta di Sumatera, Kalimantan atau provinsi lainnya ? Papua kan jauh lokasinya ? hal ini sering dipertanyakan oleh orang-orang yang awam akan pengetahuan khususnya mengenai Papua jadi sangat banyak keistimewaan yang dimiliki oleh pulau Papua dan pastinya pulau Papua ini sudah ditunjuk langsung oleh bapak presiden Joko Widodo sebagai lokasi utama penyelenggaraan PON-XX Tahun 2020, hal ini tentunya sangat memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya di tanah Papua. Pulau yang memiliki berbagai keunikan kekhasan dan kebudayaan ini memang sangat patut untuk dijadikan lokasi penyelenggaraan PON-XX 2020.

Kenapa tahun 2020?

Pertanyaan ini juga muncul di beberapa kalangan masyarakat, kenapa PON-XX Papua ini diadakan pada tahun 2020, kenapa tulisannya tidak tahun 2021, pada awalnya pon diadakan tahun 2020 tapi karena terkendala nya berbagai persiapan infrastruktur serta kondisi pandemi yang belum juga usai akhirnya PON-XX ditunda sampai tahun 2021 yang kemudian akan secara resmi digelar pada tanggal 2 sampai dengan 11 Oktober tahun 2021 nanti bertepatan di wilayah timur Indonesia dialokasikan nya adalah di Papua kemudian pekan olahraga Nasional ini diikuti oleh 34 provinsi dan 30 cabang olahraga. 

Alasan Papua di Pilih Jadi Lokasi PON-XX

1. TEMPAT WISATA

Indonesia adalah surga tersembunyi bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pemandangan pantai dan pegunungan yang indah di berbagai pelosok tanah air sudah bukan rahasia lagi. Banyaknya wisatawan asing yang datang ke berbagai tempat wisata di seluruh Indonesia telah menyadarkan masyarakat setempat dan mulai berpartisipasi membangun infrastruktur agar wisatawan merasa nyaman saat berkunjung.

PAPUA adalah salah satu tempat terindah yang ada di Indonesia, papua di bagi menjadi 2 provinsi yaitu papua dan papua barat. 

Terletak di bagian timur pulau Papua, Provinsi Papua memiliki banyak taman nasional dan juga beragam budaya yang menarik untuk dilihat dan dipelajari. Anda bisa merasakan kehidupan penduduk lokal yang masih tradisional, berwisata sambil menikmati pemandangan alam dan mencoba makanan khas setempat. Berikut adalah enam tempat yang menakjubkan untuk dikunjungi di Provinsi Papua.

a. Pulau Biak 

Source: https://www.instagram.com/potret__id/

Biak dan Pulau Numfor membentuk kabupaten Biak. Biak yang terletak di Teluk Cendrawasih memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Di Biak bagian utara, ada Desa Amoi yang terkenal dengan pemandangannya yang indah. Selain itu, ada juga Museum Cendrawasih yang menyimpan banyak koleksi Perang Dunia II. Jangan lupa untuk mencoba makanan khas Biak yang populer yaitu Singkong Marapen. Singkong dibungkus pelepah pisang lalu dibakar di atas bara panas. Ada juga Japan Iyen food yaitu talas yang direbus tanpa bumbu dan disajikan dengan ikan laut berbumbu pedas.

Masih ada lagi tempat yang wajib di kunjungi salah satunya adalah Taman Burung dan Taman Anggrek yang terletak di kawasan Bosnik. Mereka memiliki koleksi burung dan tumbuhan yang cukup beragam dengan informasi yang lengkap. Selain itu, Biak juga memiliki Pantai Bosnik dan Air Terjun Wafsarak.


b. Pantai Bosnik

Source: https://www.instagram.com/edosaputra1/

 Salah satu tempat terindah lainnya adalah Pantai Bosnik, pantai ini memiliki nama lain yaitu Pantai Segara Indah yang terletak di sisi timur Pulau Biak, tepatnya di Desa Woniki, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. Bosnik tidak hanya memiliki pemandangan pantai yang indah, tetapi juga memiliki terumbu karang yang menakjubkan sehingga pengunjung dapat berenang, berjemur bahkan snorkeling. Namun harap berhati-hati jika ingin snorkeling di Pantai Bosnik, karena perairannya berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik dan memiliki arus yang kuat.

c. Air Terjun Wafsarak

soure: https://www.instagram.com/gumantara/

Air Terjun Wafsarak terletak cukup jauh dari Kota Biak, memakan waktu sekitar dua jam perjalanan dari pusat kota dengan sepeda motor atau mobil. Wafsarak yang juga memiliki nama lain Air Terjun Warsa ini terletak tidak jauh dari kawasan pantai. Meski tergolong air terjun yang landai dengan ketinggian sekitar 10 meter, Wafsarak memiliki pemandangan air terjun yang indah dan suara gemerisik air yang menenangkan.

Masyarakat sekitar merawat objek wisata ini dengan seksama dan terlihat dari warna air terjun yang kebiru-biruan dan pemandangan sejuk yang masih alami. Mengunjungi air terjun ini, Anda diperbolehkan untuk berenang dan menikmati pemandangan air terjun ini dari atas bukit dengan satu syarat pengunjung tidak boleh mencemari area sekitar air terjun.

d. Danau Sentani

Source: https://www.instagram.com/je_sky12/

Danau Sentani tidak jauh dari pusat ibu kota Provinsi Papua, Jayapura. Sentani memiliki 22 pulau besar dan kecil. Banyak Sekali keistimewaan yang dimiliki pulau ini  dan banyak di antaranya telah dibuka sebagai tempat wisata. Danau ini memiliki banyak pulau karena luasnya mencapai 9.360 hektar.

Danau Sentani menampung air dari 34 mata air dari sekitar Pegunungan Cycloop. Besarnya debit air dan luasnya danau mengakibatkan berbagai macam biota yang ada di sekitar danau. Selain tumbuhan air, danau ini juga dihuni sekitar 30 spesies ikan segar. Bahkan empat di antaranya merupakan endemik Danau Sentani. Spesies tersebut adalah ikan todak (Pristis microdon), ikan pelangi merah (Glossolepis incisus), ikan pelangi sentani (Chilatherina sentaniensis) dan ikan gabus Sentani (Oxyeleotris heterodon).

e. Danau Paniai

Source: https://www.instagram.com/_ard_photo_/

Paniai merupakan salah satu danau yang memiliki panorama indah yang terletak di Kabupaten Paniai, Papua. Danau Paniai memiliki luas 14.500 Ha dan merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia. Yang lebih kerennya lagi  Danau Paniai telah diakui oleh ratusan negara pada Konferensi Danau Sedunia di India pada tahun 2007.

Saat pagi hingga siang hari, kamu bisa menikmati sejuknya udara dengan birunya air danau. Pemandangan pegunungan dan aktivitas warga sekitar akan memanjakan matamu. Tapi, jika ingin menikmati suasana yang berbeda, Kamu juga bisa datang pada sore hari untuk mendapatkan momen matahari terbenam. Airnya yang jernih akan memudahkanmu untuk melihat ikan dan biota air tawar di danau.

Fasilitas di danau ini cukup lengkap dengan pos jaga dan beberapa pemandu wisata. agar bisa lebih terasa akan keindahannya kamu juga bisa menyewa perahu untuk menyusuri danau. Bagi orang yang hobi memancing, disediakan juga alat pancing. Sedangkan jika ingin bermalam, tersedia beberapa penginapan atau bisa bermalam di rumah warga setempat.

d. Lembah Baliem

Source: https://www.instagram.com/sugianto.shu/

Lembah Baliem merupakan rumah bagi suku Dani, Yali, dan Lani yang terletak di sekitar Gunung Jayawijaya yang merupakan salah satu gunung terindah di Indonesia. Unuk bisa menuju Lembah Baliem memang sulit, namun kamu juga bisa mencapainya dengan pesawat dari Kota Jayapura dan langsung menuju kota Wamena, kota utama di kawasan Lembah Baliem.

Disini kamu akan masuk ke zona masa lalu dimana kamu akan di suguhi Pemandangan Lembah Baliem yang menakjubkan yang menggambarkan peradaban zaman batu dan sebagian besar tempat hanya dapat diakses dengan sepeda atau berjalan kaki. Daerah Pedesaan di sekitar lembah bisa menjadi tempat wisata utama bagi wisatawan, karena pengunjung bisa trekking sambil mengintip kehidupan masyarakat Baliem yang masih mempertahankan adat tradisional dan hidup secara tradisional.


2. BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL

Setiap daerah di Indonesia memiliki budayanya masing-masing, termasuk Papua dengan budaya Papuanya. Orang-orang telah mengenal Papua karena keindahan alamnya. Selama bertahun-tahun, keindahan Papua telah menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Papua. Namun, Papua tidak hanya menarik dari segi keindahan alamnya, tetapi juga dari segi budaya dan tradisi lokalnya. Karena Papua adalah pulau paling timur di Indonesia, pasti memiliki tradisi dan budaya unik yang belum pernah kita lihat atau ketahui. Biarkan aku membawamu untuk mengenal budaya dan tradisi.

a. Gaun Tradisional

Source: https://guratgarut.com/wp-content/uploads/2020/03/pakaian-adat-papua.jpg

Pakaian adat di Papua tergantung dari suku mana yang tinggal. Karena ada banyak suku di Papua, pakaian adatnya pun beragam. Biasanya para pria memakai aksesoris kepala, kalung, ikat pinggang tradisional, dan sarung berumbai. Kalung itu terbuat dari gigi dan tulang binatang atau kulit kerang. Selain itu, para pria juga menggunakan tombak dan perisai tradisional dengan pola yang unik saat mengenakan pakaian adat. Selain itu, pakaian tradisional wanita sangat mirip dengan pria. Mereka juga mengenakan gaun berumbai dan kalung dengan aksesori tambahan di lengan mereka. Saat ini, hanya orang-orang yang tinggal di suku yang mengenakan pakaian tradisional, sedangkan orang-orang yang tinggal di kota mengenakan pakaian modern.

b. Menari


Source: https://negerikuindonesia.com/2015/11/tari-selamat-datang-tarian-tradisional.html

Setiap suku juga memiliki tarian tradisionalnya masing-masing. Mungkin yang paling populer adalah Tari Sambutan dan Tari Mbes. Baik Tari Sambutan maupun Tari Mbes digunakan untuk menyambut tamu yang datang ke pulau mereka. Selain itu, tarian tradisional tersebut menggambarkan kebahagiaan masyarakat Papua untuk menyambut dan menghormati tamu juga. Hal yang unik dari budaya Papua ini adalah ketika tariannya masuk ke bagian dimana tamu berbaring di atas perisai dan dibawa oleh suku-suku, Ini adalah cara yang unik untuk menyambut tamu.

c. Tradisi

Source: https://www.genpi.co/berita/4502/tradisi-potong-jari-lambang-kehilangan-dan-kesetiaan

Papua memiliki beberapa tradisi unik yang mungkin tidak kamu temui di wilayah manapun di Indonesia. Yang paling tidak biasa adalah tradisi potong jari. Ketika salah satu anggota keluarga meninggal, anggota keluarga yang berduka akan memotong salah satu jarinya. Kamu mungkin menganggapnya aneh, tetapi itu adalah tradisi di Suku Dani. Ini melambangkan kesedihan serta untuk mencegah nasib buruk yang telah menyebabkan kematian anggota keluarga mereka. Semakin banyak anggota keluarga yang kehilangan, semakin banyak jari yang terpotong. Jari dipotong menggunakan parang atau pisau.


3. EKONOMI

Sudah saatnya kita memperkenalkan diri khususnya di wilayah Papua yang memiliki tingkat perekonomian yang sudah semakin meningkat, penduduk wilayah sekitar yang memanfaatkan keahlian untuk membuat berbagai kerajinan untuk memberikan ekonomi kreatif , karya yang dibuat oleh penduduk lokal terutama kerajinan an yang dibuat secara tradisional dan wajib sekali kita perkenalkan ke negara-negara lain agar mereka tahu bahwa Papua adalah pulau yang kaya ramah orangnya dan juga mereka punya bakat tertentu untuk membuat sesuatu.

peningkatan kualitas daerah ini harus didukung penuh oleh kita semua sebagai masyarakat indonesia dan inilah yang pantas mengapa papua dijadikan lokasi utama penyelenggaraan PON XX 2021.

Dari pembahasan di atas bisa kita simpulkan bahwa itu adalah alasan mengapa Papua dijadikan Lokasi PON XX, sebenarnya masih ada banyak lagi namun aku ga bisa nulis sebanyak itu karena mungkin akan butuh waktu yang sangat lama untuk menulis semua keistimewaan dari tanah papua. Semoga dari artikel ini bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari masyarakat yang belum tahu.


Disclaimer: Artikel ini saya tulis untuk memberikan kontribusi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, dalam Lomba Blogger yang diadakan oleh PON-XX Papua 2021

Referensi: 

https://blog.ponxx2020papua.com/2021/07/23/pon-xx-papua-semangat-mentari-harapan-baru-dari-timur-nusantara/

Infografis:

  1. https://www.instagram.com/potret__id/
  2. https://www.instagram.com/edosaputra1/
  3. https://www.instagram.com/_ard_photo_/
  4. https://www.instagram.com/sugianto.shu/
  5. https://guratgarut.com/wp-content/uploads/2020/03/pakaian-adat-papua.jpg
  6. https://negerikuindonesia.com/2015/11/tari-selamat-datang-tarian-tradisional.html
  7. https://www.genpi.co/berita/4502/tradisi-potong-jari-lambang-kehilangan-dan-kesetiaan

TAGLINE:
#PondemiKompetisiBlog #PONDEMI #MentariHarapanBaruDariTimur

1 komentar untuk "Mentari Harapan Baru dari Timur: Moment Bersejarah, Inilah Alasan Papua di Pilih Jadi Lokasi PON-XX"